Posted by: rumahdoalampung | January 27, 2010

JDS 2010, GBI Ikan Layur

Pertemuan Doa Jaringan Doa Sekota, Selasa,  tanggal 26 Januari 2010 diselenggarakan di GBI Ikan Layur yang digembalakan oleh Bpk. Pdt. Yohanes Supardi. Dalam Kesempatan ini juga Pdt. Supardi menyampaikan renungan Firman Tuhan dengan judul “Panggilan Berdoa Syafaat” dengan mengambil nats Firman Tuhan dari Kejadian 18:22-33.

Doa syafaat adalah doa yang semata-mata dilakukan untuk kepentingan orang lain, di mana si pendoa memposisikan dirinya berada di antara Allah dan manusia. Dalam doa syafaat, kita menyampaikan permohonan khusus untuk pemeliharaan dan berkat Allah bagi orang yang kita doakan.

Ada tiga hal pokok yang harus dipahami oleh seorang pendoa syafaat mengapa dia harus berdoa:

  1. DOA SYAFAAT MEMBATALKAN MURKA ALLAH DAN MENGUBAHNYA MENJADI ANUGERAH (Yez 22:30-31). Kita harus menyadari nasib seseorang, kota dan bangsa ada di tangan kita, oleh karenanya kita harus berdoa syafaat.
  2. BERHENTI BERDOA SYAFAAT = DOSA (1Sam 12:19 & 23). Yang disebut sebagai dosa bukan hanya perbuatan yang melanggar Firman, melainkan juga ketika kita tidak peduli kepada orang lain dan tidak mendoakan mereka.
  3. DOA SYAFAAT MENDATANGKAN KETENANGAN, KETENTRAMAN, KESELAMATAN DAN PERKENANAN TUHAN (1Tim 2:1-4). Paulus menasehati Timotius dan jemaat yang dipimpinnya agar terus menerus menaikkan doa syafaat. Supaya mereka dapat hidup tenang dan tentram dan juga agar semua orang diselamatkan, itulah yang berkenan di hati Tuhan.

Dengan berdoa syafaat kita akan mendatangkan keselamatan dan menjadi berkat bagi negeri ini.

Masihkah Anda melakukan Gerakan Doa?

Pemimpin Pujian sedang memimpin jemaat dalam pujian dan penyembahan kepada Tuhan.

Gereja Tuhan sedang berdoa, memuji dan menyembah Tuhan

Pdt. Y. Supardi, Gembala GBI Ikan Layur, sedang menyampaikan renungan Firman Tuhan kepada semua pendoa yang hadir di pertemuan doa tsb.

Beberapa wakil dari jemaat sedang menaikkan doa syafaat yang didukung oleh semua pendoa yang hadir

Pdt. Erwin, Gembala sidang GSJA BUmi Asri, sedang berdoa untuk menutup pertemuan doa JDS di GBI Ikan Layur

Pokok pokok doa JDS 26 Januari 2010

Doa untuk Indonesia

  • Situasi politik yang semakin panas, supaya bangsa dan masyarakat Indonesia tetap dipersatukan dan siap menghadapi segala kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Skandal-skandal politik, kebijakan-kebijakan dan kasus-kasus pemerintahan yang merugikan rakyat, segera terbongkar dibongkar.
  • Generasi yang akan datang menjadi generasi yang dipersiapkan untuk membuat terobosan dan pemulihan bagi bangsa dan negara Indonesia. Dalam hal ini anak-anak Indonesia memperoleh perlindungan, pemeliharaan dan pendidikan yang terbaik. Generasi saat ini diberikan kerelaan dan kemampuan untuk mempersiapkan dan memperlengkapi generasi mendatang.
  • Masyarakat diberikan hikmat, kewaspadaan, kesatuan, toleransi dan kepedulian terhadap sesama sehingga kriminalitas tidak semakin berkembang dan meningkat. Kasus-kasus horor (sodomi, mutilasi, pembunuhan, dll) tidak mempengaruhi psikologi dan kejiwaan masyarakat, khususnya ibu-ibu dan anak-anak, tetapi justru mereka semakin meningkatkan kewaspadaan.
  • ACFTA justru akan meningkatkan daya saing produk dan tenaga kerja Indonesia. Sumber daya alam baru ditemukan dan sumber daya laut semakin maksimal sehingga mensejahterakan masyarakat.

Doa untuk Lampung dan Bandar Lampung

  • Menjadi daerah yang aman, angka kriminalitas (perampasan kendaraan, perampokan, premanisme, pencurian, pembunuhan dll) semakin menurun. Lampung menjadi daerah tujuan wisata (Tanjung Setia-Lambar, Pantai Kiluan-Tanggamus, Way Kambas-Lamtim dll) menjadi daerah wisata terkenal dan banyak wisatawan datang berkunjung. Mentalitas masyarakat Lampung di terobos dengan kesadaran untk menjadi masyarakat yang terbuka.
  • Bandar Lampung menjadi kota Syalom penuh dengan damai sejahtera Tuhan. Dunia usaha bertumbuh, perusahaan dan modal baru bertumbuh, daya beli masyarakat meningkat. Proyek-proyek yang mensejahterakan rakyat terus ditingkatkan. Persoalan-persoalan kota dibereskan (kaki lima, anak jalanan dan pemulung sampah, kesemerawutan lalulintas, pasar-pasar yang jorok dll). Pemerintahan diberikan hikmat oleh Tuhan untuk menyelesaikannya.
  • Birokrasi dan birokrat tidak mempersulit proses-proses perijinan, kesempatan-kesempatan KKN diberantas. Masyarakat diberi kesadaran dan keberanian untuk tidak menyogok dan menyuap aparat-aparat pemerintahan (baik birokrat, kepolisian dll). Alam pikiran para pejabat dipulihkan sehingga tidak mengambil keuntungan pribadi dan memiliki kesadaran untuk mengabdi.
  • Pilkada-pilkada (Lamsel, Balamp, Pesawaran, Tanggamus, Lambar, Lamteng, Metro, Tulang Bawang, Lamtim, Lampura) yang akan diselenggarakan menjadi momen kelahiran pemimpin-pemimpin yang dipilih dan dikehendaki Tuhan. Semua praktek kolusi, nepotisme, mementingkan golongan sendiri serta mengambil keuntungan sendiri, dipatahkan kekuatannya.

Doa untuk Gereja-gereja

  • Gereja dan pemimpin rohani diberi kepekaan terhadap kondisi yang terjadi di sekelilingnya sehingga visi, misi dan program gereja berorientasi kepada pemberdayaan dan pemgembangan masyarakat, gereja menjadi garam dan terang dunia buat sekelilingnya.
  • Para pemimpin rohani (gembala, majelis, penatua, diaken dan pekerja) dan jemaat diberi perlindungan terhadap serang-serangan masalah dan godaan-godaan moral (sex, uang, tahta). Pengajaran tentang kekudusan semakin ditingkatkan.
  • Anak-anak muda dipersiapkan menjadi generasi Yoel yang akan memenangkan peperangan rohani akhir jaman. Mereka disadarkan akan panggilan sebagai pemimpin-peminpin baru dalam gereja yang akan membuat terobosan-terobosan. Kesadaran mereka untuk hidup kudus semakin diperkuat, segala kekuatiran tentang masa depan mereka dipatahkan.
  • Segala bentuk perpecahan dan persaingan gereja dikalahkan oleh kuasa Tuhan. Gereja semakin menyadari pola dan konsep sebagai Tubuh Kristus, panggilan dan spesifikasi pelayanan setiap gereja dan anak-anak Tuhan semakin dipertajam sehingga semakin memuliakan Tuhan dan menggenapi rencanaNya.

Soli Deo Gloria


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: